Hukum Membeli Hewan Kurban

Hukum Membeli Hewan Kurban

Hukum Membeli Hewan Kurban.Tinggal menghitung hari  muslim yang ada di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha 1487 H.  Seluruh Umatnya Nabi Muhammad di seluruh dunia yang merasa mampu untuk mengerjakan qurban bakal menyembelih hewan qurban sewaktu  Idul Adha dan tiga hari sesudahnya yang dikenal sebagai hari tasrik. Sudah tentu hewan kurban yang dipilih bukanlah hewan kurban sembarangan, akan tetapi ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi.  Sederhananya kriteria tersebut adalah hewan kurban yang harus dipilih mesti yang sehat, gemuk, cukup umur dan kuat.  Maksudnya adalah untuk memperlihatkan keseriusan Kita dalam berkurban.

Oleh karena itu, silahkan disimak beberapa tips menentukan hewan kurban anda yang sehat berikut ini!

 

Tips Membeli Hewan Untuk Kurban yang Sehat

Umur Hewan

Jika Anda hendak memilih hewan buat Qurban untuk di potong disaat Hari Raya {Iedul Adha|Idul Adha|Kurban|Qurban| 1438 H, pilihlah hewan kurban yang sudah cukup umurnya.  Jika Anda memilih domba dan kambing untuk dijadikan hewan qurban, pilihlah hewan kambing atau domba yang sudah berusia 12 hingga 18 bulan. Namun jika Anda hendak membeli kerbau atau sapi, Anda sebaiknya membeli  yang sudah berumur 22 bulan. Cara paling mudah untuk mengetahui berapa usia kambing atau sapi adalah dengan melihat gigi hewan kurban tersebut.  Kalau gigi susu (gigi bagian depan) hewan ternak sudah tanggal, itu ciri kambing tersebut telah berusia sekitar 12 hingga 18 bulan.  Sedangkan gigi susu Sapi baru tanggal pada umur sekitar 22 bulan.

Hukum Membeli Hewan Kurban

Beli Hewan Qurban yang Paling Sehat

Perhatikan pergerakan dan aktivitas hewan qurban. Kita sebaiknya mendekati hewan kurban yang mau Kita beli, kalau hewan tersebut tidak pincang, hewan qurban tersebut dikatakan termasuk sehat dan tidak sedang sakit.

Ciri yang bisa dilihat untuk hewan qurban yang sehat adalah bulunya halus, mengkilap, tak ada bulu yang rontok dan tak berkutu atau berjamur dibadan atau ditubuhnya.

 

Lihat mata sapi atau kambing yang bakal kita beli. Pastikan hanya memilih hewan Qurban yang bermata jernih, terbuka penuh, tidak keluar air, pupil bereaksi cepat bila terkena cahaya dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah penuh. Jangan sampai anda beli hewan kurban yang bermata keruh dan beleken, karena hal ini adalah tanda hewan yang tengah sakit.

Beli hewan kurban yang bertubuh standar atau normal, yakni punggungnya rata, tanduk yang seimbang, keempat kakinya simetris dan berpostur tubuh ideal, yakni perpaduan perut, kaki depan dan belakang, leher, kepalanya seimbang.

Lihat dengan teliti dibagian mulut hewan qurban yang hendak Anda beli. Bila mulut hewan qurban terlalu basah dan banyak air liur yang keluar atau banyak bintil-bintil merah, hewan tersebut wajib diwaspadai. Anda juga harus membeli hewan qurban yang sehat dan tidak ada cacat.

Perhatikan juga hidung hewan qurban, pilihlah hewan qurban dengan hidung yang basah dan tidak mengeluarkan cairan serta mempunyai selaput lendir yang berwarna terang.

Perhatikan juga celah kuku hewan qurban. Pastikan celah kukunya bersih, tidak ada yang luka, tidak ada peradangan dan tidak ada pembengkakan.

Perhatikan juga organ dubur atau anus. Apakah dubur kering dan tidak ada ciri sedang diare.

Pastikan hewan yang bakal Anda beli tidak mempunyai penyakit kulit seperti jamuran dan korengan, sebab syarat utama hewan kurban mesti yang sempurna.

Hukum Membeli Hewan Kurban

Anda tidak memiliki lahan untuk berkurban atau tidak memiliki waktu luang? Anda bisa berkurban online! Anda cukup membeli hewan qurban yang Anda inginkan dan hewan yang Anda beli akan disembelih di tempat-tempat distribusi, di dalam negeri seperti Papua dan di luar negeri seperti Palestina, Libanon dll. Anda akan menerima serifikat pengkurban dan memperoleh laporan mengenai hewan Qurban Anda, seperti foto hewan qurban Anda sebelum disembelih dan setelah disembelih. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera berQurban Online dengan aman, mudah dan terpercaya!

Untuk Pemesanan dan Informasi silakan tekan gambar di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *