Manfaat Jahe Untuk Kulit

Berbagai macam manfaat  jahe untuk kesehatan serta kecantiakan

Manfaat Jahe Untuk Kulit

Manfaat Jahe Untuk Kulit

Manfaat Jahe Untuk Kulit – Jahe merupakan termasuk jenis tanaman herbal yang telah sangat terpercaya, khususnya  untuk penduduk Indonesia. Ini di buktikan pada saat cuaca sedang dingin banyak orang yang membuat minuman jahe untuk menghangatkan badan.  Bahkan sifat jahe dapat menghangatkan badan ini,  sudah banyak dipakai oleh produsen obat_obatan yang mengatasnamakan jahe untuk bahan racikan di dalam obat_ obatan tersebut.  Berikut ini ada sedikit dari sekian banyak khasiat  jahe yang sudah kami rangkum.

Baca juga artikel yang lain

Bagaimana agar cepat naik haji

Tips Umrah Pertama Kali

Syarat Umur Hewan Qurban

Bandar Jahe

 

Yang  pertama adalah Khasiat  jahe untuk kesehatan anda

 

Manfaat Jahe Untuk Kulit – Jahe adalah tanaman herbal yang mengandung banyak  zat yang sangat baik bagi tubuh, dan di bawah ini merupakan sedikit dari sekian banyak manfaat jahe bagi kesehatan tubuh :

 

  1. Membantu menghangatkan tubuh

 

Jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh.  Sejenis minuman yang sering dikonsumsi yaitu wedang jahe ini, memang  sudah menjadi konsumsi wajib untuk warga yang tinggal di daerah pegunungan.  Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk serta masuk angin.  Manfaat Jahe Untuk Kulit

  1. Pencegahan Timbulnya Kanker

 

Ekstrak jahe ternyata mampu  mencegah pertumbuhan sel kanker,  seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal serta  gejala kanker patu-paru.

 

  1. Mengatasi Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang umum  diderita adalah batuk atau pilek.  Jahe termasuk  jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir atau dahak  dapat dengan mudah keluar dan mengembalikan sistem pernafasan seperti sedia kala .

 

  1. Bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan

 

Mungkin kita berfikir hanya manfaat buah_buahan saja yang dapat berguna untuk masalah sistem. Saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita memakan banyak makanan.  Pilihlah minuman jahe yang bisa membantu kelancaran pembuangan sisa makanan.  Jahe membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

  1. Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

 

Ketika  tubuh mengalami sebuah benturan dengan benda tumpul,  terkadang menyebabkan memar.  Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, bisa digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut.  Khasiat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

 

Manfaat Jahe Perawatan Kecantikan

 

Jahe ternyata juga mampu memberikan manfaatnya  untuk kecantikan.  Di bawah ini ialah tips serta cara memanfaatkan jahe untuk kecantikan :

  1. Bisa membantu mengatasi kulit berminyak

 

Kandungan minera yang terkandung pada jahe di percaya bisa mengurangi  minyak pada kulit.  Berikut ini adalah cara penggunaanya :

Campurkan bahan_bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis serta pala bubuk

Haluskan dengan ditambah air, hingga wujudnya seperti pasta

Kemudian oleskan pada titik_titik wajah yang banyak menghasilkan minyak

Lalu diamkan selama 10 menit

setelah 10 menit, bilaslah kulit atau wajah dengan air dingin

 

  1. Menghilangkan ketombe

 

Tahukah anda ternyata jahe juga mampu untuk mengurangi ketombe.  Jahe juga mampu mencegah kerontokan pada rambut.  Manfaat Jahe Untuk Kulit

 

Efek Samping Jahe

 

Penggunaan jahe kemungkinan aman untuk kebanyakan orang.  Tetapi ada beberapa efek samping  ringan yang mungkin muncul  misalnya seperti rasa mulas, diare dan rasa tidak nyaman pada perut.  Kemudian juga efek samping bagi wanita yang sedang menstruasi, ada wanita yang sedang menstruasi melaporkan bertambahnya perdarahan ketika mengkonsumsi jahe.  Ada juga pada beberapa orang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi jahe , mengalami iritasi pada kulit.

Bagi perempuan hamil – Konsumsi jahe pada saat kehamilan masih kontroversial, karena ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe bisa mempengaruhi hormon seks janin.  Terdapat laporan keguguran janin ketika berumur 12 minggu, pada perempuan yang mengkonsumsi jahe untuk mengatasi morning sickness. Sejumlah penelitian pada wanita hamil memberikan hasil, bahwa jahe boleh digunakan secara aman untuk morning sickness tanpa membahayakan bayi|Penelitian yang diakukan pada ibu-ibu hamil menunjukan bahwa jahe aman di gunakan untuk mengobati morning sickness dan sama sekali tidak membahayakan bayi}.  Risiko utama pada bayi yang menggunakan jahe saat hamil, tampaknya masih di ambang batas wajar yaitu sekitar 1% hingga 3%.  Dan juga diketahui tidak memicu peningkatan risiko persalinan dini, ataupun lahir dengan berat badan rendah.

Meskipun jahe termasuk  jenis bahan pengobatan alami, tetap saja ada kekhawatiran mengenai kebenaran manfaat jahe untuk kesehatan. Maka dari itu sebelum mengkonsumsi jahe untuk pengobatan konsultasikanlah penggunaan jahe ini pada dokter anda.

 

Jahe tidak hanya berkhasiat sebagai obat herbal,  tetapi digunakan untuk bumbu masak khususnya untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan misalnya seperti ikan, daging atau ayam.  Dalam perkembangannya, jahe sudah banyak yang diolah  secara instan yang mudah digunakan, serta praktis tanpa harus mengolah jahe secara langsung terlebih dahulu.  Tentu saja hal ini lumrah adanya, karena jahe memiliki manfaat yang luar biasa seperti berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *